cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
jurnalptkftk@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
ekowahyu@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin (Kampus 1 UIN Antasari Banjarmasin
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal PTK dan Pendidikan
ISSN : 24601780     EISSN : 25492535     DOI : 10.18592/ptk
Core Subject : Education,
Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training Faculty State Islamic University of Antasari Banjarmasin.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember" : 10 Documents clear
Karakteristik Antisipasi Eksploratif Siswa SMK dalam Memecahkan Soal Geometri Dimensi Tiga Elly Anjarsari; Rayinda Aseti Prafianti; Muhammad Kamal Fajar
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.5491

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah geometri dimensi tiga. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menggambarkan antisipasi eksploratif siswa dalam menyelesaikan soal geometri dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Tes tulis dengan soal geometri dimensi tiga berbentuk kubus. Wawancara dilakukan kepada siswa dengan kategori antisipasi eksploratif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa membaca soal lebih dari satu kali, (2) Siswa menemukan hal yang ditanyakan dan hal yang diketahui, (3) Siswa menguraikan soal secara rinci, (4) Siswa menghubungkan kriteria-kriteria yang diketahui, dan (5) Siswa memecahkan soal dengan mempertimbangkan alternatif penyelesaian.
Meningkatkan Hasil Belajar Hidrokarbon dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Buletin Panut Panut
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.5664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar (kognitif), dan respon siswa terhadap penggunaan media buletin dengan bantuan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam pembelajaran hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, analisis, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas X.4 SMAN 8 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar, dan angket respon. Daya dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model berbantuan media buletin CIRC dapat meningkatkan skor aktivitas 53 guru dari siklus I menjadi skor 71,34 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari skor 31,17 pada siklus I menjadi skor 43,33 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar kognitif siswa dari 72,70% pada siklus I, dan 96,97% pada siklus II. Siswa kelas X-6 SMA Negeri 8 Banjarmasin merespon positif pembelajaran dengan menggunakan media buletin dengan bantuan model CIRC.
The Effort of Lecturers in Improving The Quality of Teaching Through Innovative and Creative Learning Strategies Based on Competence and Character in University Fita Faridah; Muhammad Asrori
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.5700

Abstract

Competence and character need to be implemented considering the lack of lecturers through innovative and creative learning who are aware that competence and character are two things that must be balanced in an integrated manner in the learning process. The research method is qualitative research. The implementation of Islamic Religious Education learning is carried out in three stages, namely planning, implementing and evaluating learning. And the character values developed in PAI learning in the Informatics Engineering study program through competency-based active, innovative and creative learning include logical thinking, independent, hard work, working together, critically, confident, creative, logical thinking, mutual respect, understanding advantages and disadvantages of each student. 
Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi Windy Andriani
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.5632

Abstract

Di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sangat memiliki kaitan dengan ilmu  sosiologi, yang mana ilmu sosiologi ini sendiri mengkaji tentang manusia sebagai makhluk sosial, dan juga sangat mempengaruhi pelaksanaan kehidupan masyarakat dalam lingkupnya, pada penerapannya secara nyata ilmu sosiologi ini memberikan suatu pengertian yang seirama dengan fenomena sosial yang aktual terjadi pada masyarakat, agar setiap pribadi menjadi peran sebagai anggota masyarakat yang baik dan dapat mengimbangi dengan adanya fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat pada masa sekarang, ilmu sosiologi di sini memiliki peran dalam memberikan petunjuk maupun pemahaman mengenai tata cara berkehidupan yang baik dan cara bersosial yang dapat diterima dalam lingkup masyarakat itu sendiri.  Kaitannya ilmu sosiologi dengan penggunaan metode penelitian systematic literature review atau SLR diharapkan Metode SLR ini dapat menggali lebih dalam dan tepat sasaran sehingga dapat mengamati, mengkaji, menilai serta mengartikan, penelitian yang ada dan tentunya Menarik untuk dibahas terutama pembahasannya di sini adalah mengenai ilmu sosiologi, Serta pembahasan sosiologi ini sangat dinamis karena terjadinya perubahan didalam masyarakat dari waktu ke waktu dan fenomena sosial selalu terus  berubah di dalam masyarakat,  dalam metode SLR ini sangatlah baik untuk dapat diterapkan dalam penelitian, kaitannya dalam ilmu sosiologi, pada metode SLR ini dapat dilakukan review atau menelaah suatu jurnal, artikel, buku, atau  jenis dokumen lain secara runtut dan setiap langkahnya mengikuti tata cara atau aturan yang telah ditentukan. Sehingga dalam hasil akhir penelitian dapat menunjukkan hasil yang tepat tanpa di rekayasa dan lebih kompatibel. 
Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Teks Eksposisi Melalui Strategi Membaca Pemahaman SQ3R pada Siswa Kelas VII Mts Wachid Hasyim Surabaya Hernik Farisia; Raden Syafuddin; M. Na'im; Erdin Lies Tyanto
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.4497

Abstract

Based on preliminary study, it was found that 62% of students at the seventh grade of MTs Wachid Hasyim Surabaya were not able to answer inferential and referential question to fulfil reading comprehension. Therefore, this study used classroom action research by implementing Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) reading strategy to improve students’ ability in reading comprehension. This research was conducted in two cycles. The result showed that 83% students were able to answer inferential and referential question to understand the text at the first cycle and 97 % at the second cycle. It means that there was an increase of 14% from the first cycle to the second cycle. Meanwhile, 79% students had reached mastery learning to rewrite the text on students’ own language.
Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Tekad Tekad; Rina Pebriana
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.5445

Abstract

Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan 1 (satu) variabel manipulasi yakni model Team-Based Project; dan 2 (dua variabel respon yakni keterampilan komunikasi dan keterampilan Kolaborasi. Penelitian didesain menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. dengan menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol akan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas ekesperimen akan mendapat pelakuan dengan model Team-Based Project. Setelah mendapat perlakuan, masing-masing kelas akan diberikan posttest untuk mengetahui keadaan akhir. Setelah itu dilakukan Uji Prasyarat Analisis Data, yakni uji normalitas dan uji homogenitas varian. Analisis data dilanjutkan dengan uji hipotesis yakni paired t-test dan independent t-test. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Dengan demikian, model pembelajaran Team-Based Project dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran khususnya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi mahasiswa.
Persepsi Mahasiswa Teknik Informatika Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 Nur Qomariyah Nawafilah; Masruroh Masruroh
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.4704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Teknik Informatika terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah matematika (kalkulus dan statistik) selama masa pandemi Covid-19. Penilaian persepsi mahasiswa dibatasi pada tiga aspek, yakni proses belajar mengajar, kapabilitas (kompetensi dosen), dan sarana dan prasarana. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan yang sedang mengambil mata kuliah kalkulus dan statistik pada semester Ganjil TA 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form dan wawancara mendalam kepada beberapa mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah matematika adalah positif, dengan rincian aspek belajar mengajar sebesar 65%, aspek kapabilitas (kompetensi dosen) sebesar 74%, dan aspek sarana dan prasarana sebesar 74%. 
Efektivitas Perkuliahan Daring Pada Mahasiwa PGMI IAIN Palopo Muh yamin; Nur Fakhrunnisaa
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.4487

Abstract

Pelaksanaan perkuliahan secara daring pada Prodi PGMI IAIN Palopo menggunakan beberapa perangkat lunak seperti whatsapp grup, telegram grup, google classroom, LMS Sibeddu dan beberapa media lainnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji lebih dalam tentang efektifitas pelaksanaan perkuliahan yang dilaksanakan secara online pada mahasiswa PGMI IAIN Palopo dimasa pandemi Covid-19. Jenis penilitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan datan dengan e-survey. Data yang dihasilkan menggambarkan sebagian besar mahasiswa Prodi PGMI IAIN Palopo saat pelaksanaan perkuliahan daring berada di rumah menggunakan handphone, koneksi internet menggunakan paket data seluler dengan kualitas sinyal pada level sedang. Penjelasan materi yang disampaikan secara daring kurang dipahami oleh peserta didik dan semakin banyak tugas yang dibebankan dosen kepada mahasiswa saat pelaksanaan perkuliahan secara online. Data lain mengambarkan bahwa mahasiswa PGMI IAIN Palopo sudah siap mematuhi prokes di era the new normal live apabila dilaksanakan perkuliahan secara tatap muka langsung. Sedangkan untuk model perkuliahan yang dianggap efektif selama pandemi adalah blended learning dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.
Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Kepuasaan Menggunakan Aplikasi Edulearning sebagai Media Pembelajaran Online di SMK Ketintang Surabaya Siti Rukani; Novi Marlena
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.4763

Abstract

Persepsi kemudahan dan fitur layanan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan menggunakan jasa layanan di masa pandemi saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan fitur layanan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi edu learning sebagai media pembelajaran online di SMK Ketintang Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi edu learning di SMK Ketintang Surabaya. Sampel berjumlah 143 siswa. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persepsi kemudahan secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan menggunakan aplikasi edu learning di SMK Ketintang Surabaya. (2) Fitur layanan secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan menggunakan aplikasi edu learning di SMK Ketintang Surabaya. (3) Persepsi kemudahan dan fitur layanan secara simultan memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuaan menggunakan aplikasi edu learning di SMK Ketintang Surabaya. 
Model Analisis Jalur Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Siswa dan Metode Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Muhammad Amin Paris; Wahdatun Nufus
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v7i2.5665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung, tidak langsung dan keseluruhan motivasi belajar, disiplin siswa, dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausal dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX, dengan jumlah siswa sebanyak 240 siswa. Teknik simple random sampling digunakan untuk sampel 120 siswa dari kelas IX A sampai H dari populasi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan model skala likert angket, tes, wawancara dan dokumen. Kuesioner dan tes diuji validitas dan reliabilitas sebelum penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan asosiatif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur dengan bantuan software Lisrel 8.80, yang terdiri dari beberapa hipotesis klasik yang harus dipenuhi yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, disiplin siswa dan metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan secara langsung, tidak langsung dan secara keseluruhan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin.

Page 1 of 1 | Total Record : 10